Pages

Selasa, 06 April 2010

Pekan Pengabdian Masyarakat (PPM) 2010

Even tahunan OSMA yang ber-title Pekan Pengabdian Masyarakat (PPM) pada tahun ini resmi berakhir pada 01 April 2010 kemarin. Sebelumnya, apa sih PPM itu??
Kegiatan Pekan Pengabdian Masyarakat (PPM) 2010 adalah Program unggulan Organisasi Santri Ma'had Al-Amin yang dilangsungkan tiap tahun. Selain sebagai kegiatan pengisi waktu luang dengan adanya liburan UN SMP, kegiatan tersebut bertujuan agar para santri mempunyai jiwa pengabdian, dapat berperan aktif di masyarakat dan menjalin kerja sama antara LPI Al-Amin dengan desa yang ditempati PPM. Peserta PPM adalah santri putra kelas X dan XI program MA. Untuk kegiatan PPM tahun ini, bertempat di Desa Ngingas Rembyong Sooko Mojokerto. Di sana, para peserta harus bisa mengaplikasikan materi yang sudah diberikan pada saat pembekalan. kayak materi Analisa Sosial, Komunikasi Massa, Penelitian serta teknik Pengumpulan data dan pelaporan

Kegiatan PPM 2010 resmi dimulai pada Minggu, 28 Maret 2010 pukul 16.00 WIB yang dibuka langsung oleh Asisten Bupati yang sekaligus Sekretaris Badan Perkumpulan Pendidikan dan Sosial, Drs. Jazuli. Opening yang juga dihadiri Perangkat desa, Muspika Sooko, guru2 dan tokoh masyarakat ini dilaksanakan di Balai Desa Ngingas Rembyong. Setelah itu, peserta dibagi menjadi 4 kelompok yang akan diterjunkan pada 4 dusun yang ada, yaitu: Dusun Sidonganti dengan Koordinator Lapangan (KorLap) M. Arif, Dusun Ngingas Rembyong dgn KorLap FathRozy, Dusun Pendowo dgn KorLap Fiqih A.M, dan Dusun Sanggrahan dgn KorLap M. Atho'.
Peserta PPM harus melaksanakan berbagai macam kegiatan di dusunnya masing2 sesuai proposal yang telah diajukan. Seperti: Menghidupkan shalat berjama'ah di Masjid, Mengajar TPQ, Membentuk Kelompok Belajar utk anak2 SD dan mendampinginya, sosialisasi masyarakat, observasi, menggalakkan kegiatan keagamaan kayak istighosah, rotibul hadad, tahlilan, mengadakan kunjungan ke SDN Ngingas Rembyong 1 & 2, ke Puskesmas Pembantu Ngingas Rembyong dan Kunjungan ke Pabrik Kripik Singkong milik warga sekitar. Serta mengadakan berbagai macam lomba untuk anak2 Ngingas Rembyong seperti lomba Menggambar, lomba Cerdas Cermat dan Tartil. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari tsb wajib dilaporin semua korlap pada panitia SC (Stering Comittee) dan guru pembina di Basecamp panitia ketika evaluasi tiap malam harinya.
Di malam terakhir PPM ditutup dengan simbolisasi penutupan oleh Camat Sooko, ada juga penyerahan hadiah, dan Pengajian Umum untuk warga sekitar dengan pembicara K.H. Drs. Mas'ud Yunus, ketua Badan Perkumpulan Pendidikan dan Sosial Al-Amin yang sekaligus Wakil Walikota Mojokerto.
Akhirnya, kita ucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Peserta, Panitia SC dan OC, Masyarakat Ngingas Rembyong, dan OSMA atas kesuksesan acaranya. Kita tunggu aja deh kegiatan OSMA yang lebih extraordinary selanjutnya...