Pages

Rabu, 11 Agustus 2010

Haflah Ikhtitaamid Duruus #5

Marhaban ya Ramadhan...Yah, akhirnya datang juga...kalo setiap ramadhan tiba, acara tahunan tiap seminggu sebelum puasa besutan Keluarga Besar Al-Amin pastinya tak lupa diadakan. Yup, Haflah Ikhtitaamid Duruus yang pada tahun ini memasuki taun ke-5. Istimewanya, tahtim (sebutan acara ini) bertepatan dengan peringatan 1 dasawarsa lahirnya pesantren berkonsep ''boarding school" ini.
Tahtim 2010 berlangsung pada 05 Agustus 2010. Para santriwati dari grade IX membuka pra-acara dengan lalaran nadhom imrithi selama 20 menit. Setelah itu, santri2 dari Exkul Silat Dali Kumbang Al-Amin unjuk kebolehan dalam seni silat, battle dan 'extrem-play' yaitu memecah genting. wuiih..acara diteruskan dengan perform dari septian pribadi dari grade XI dengan 'ngaji' kitab kuning lengkap dengan guyonan khas santri. Lalu para santriwati dari grade X unjuk kebolehan menari tari saman. He-em, yang terkenal cepat itu lho...dan pra-acara ditutup dengan shalawat Banjary dari Arham dkk...!! Oiya, juga ada pembagian hadiah dari para pemenang Language Competition 2010.
Setelah itu ada prosesi wisuda santriwan angkatan #5 dengan diiringi slow-sholawat oleh Latifah dkk. satu per-satu khatimin dipanggil naik ke panggung untuk pengalungan pin-name almamater dan penerimaan ijazah serta penghargaan dari pondok. juga diumumkan kalau dari 26 khatimin, yang 23-nya berhasil masuk berbagai perguruan tinggi favorit, baik itu dengan beasiswa kementrian agama, bidik misi, pmdk atau snmptn. Sedang yang 3 berniat berkhidmat di Al-Amin.

Acara inti dibuka oleh MC 3 bahasa, yaitu Lailatin Nurul Fitriyah (arab), Nurul Badriyah (inggris) dan Khoirun Nisa' (indonesia). Setelah itu, Abror Rosyidin melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Nah, selanjutnya, adek-adek dari grade VII putra membawakan mars Al-Amin yang juga memakai 3 bahasa. Acara diteruskan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh khatimin by M. Afifurrahman pakai bahasa arab, dan ditranslate oleh M. Aqil Muhsin dari grade VIII pakai bahasa indonesia. Sambutan kedua oleh Pengasuh by Drs. KH. Mas'ud Yunus selaku ketua BPPSA sekaligus Wakil Walikota Mojokerto. Sambutan ketiga oleh pihak Bupati yang diwakili oleh Asisten setdakab Drs. Jazuli. Selanjutnya, ada Ceramah ilmiah oleh Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA),Prof.Dr. Mukhlas Samani. Dalam ceramahnya, beliau memuji para santri Al-Amin yang berpikir global, tapi berhati lokal. Istilahnya, Al muhafadlotu ala qodim as sholih, wal ahdu bil jadid al aslah.
Tidak hanya itu, seribu lebih undangan berkesempatan mendengar ceramah agama oleh K.H.Jamaluddin Ahmad. Beliau mengatakan pentingnya kehadiran santri dalam masyarakat. Bagaimana pesantren bisa eksis di pentas percaturan globalisasi dan fungsi santri serta pesantren dalam kehidupan umat.

0 komentar: