Pages

Senin, 09 Agustus 2010

Language Competition 2010

Ada acara baru nih di Pesantren Al-Amin, yaitu Language Competition. Acara ini diadakan untuk menyambut Haflah Ikhtitamid Duruus #5 sekaligus untuk memperingati 1 dasawarsa lahirnya IBS kita. Kenapa Kompetisi Bahasa? FYI, salah satu keunggulan di Al-Amin ialah kemampuan bilingual (arab-inggris). Untuk itulah lomba ini diadakan. Peserta lomba adalah santri-santri Al-Amin mulai grade VII-XII putra-putri. di LC taun ini, ada lomba English Speech, Debate Contest, Khitobah dan Musabaqoh Qiroatul Kutub.
Language Competition 2010 berlangsung dari tanggal 29 Juli-01 Agustus 2010. Pada hari pertama, lomba-nya ialah babak 1 Debate Contest yang berlangsung di Bangsal Parkir Al-Amin Putra. 7 team dari Al-Amin Putri dan 8 team dari Al-Amin Putra berkesempatan menyampaikan argumen sesuai tema dan akan mendapat max 3 pertanyaan dari team lawan. Untuk mengumpulkan poin, masing2 team harus aktif menyampaikan pertanyaan dan harus getol mempertahankan argumen yang dimiliki.
Hari ke-2, lomba-nya adalah MQK yang berlangsung di Graha Khodijah Al-Amin Putri. 15 peserta pa-pi yang mewakili masing2 kelompok harus membaca maqro' yang telah ditentukan dari salah satu kitab fiqih kenamaan. Setelah membaca (lengkap dengan syakal dan ma'na pego), peserta diberi pertanyaan oleh 3 juri yang kompeten dibidang-nya yaitu Ust. Hanafi (Arti & maksud), Ust. Ali Fahruddin (shorof) dan Ust. Imadudin (nahwu). Selain itu, di Al-Amin putra ada babak 2 Debate Contest. Dari 15 peserta, kini tersisa 6 team yang saling debat sengit pake bahasa inggris, terutama saat tema-nya "Arabic Language is important for us".

Hari ke-3, di Al-Amin Putra ada English Speech, sedang di Graha Khodijah ada Khitobah. Kedua lomba pidato ini formatnya sama, cuma beda bahasa aja. Pada hari ini juga diumumin para peserta yang masuk final.
Hari terakhir Language Competition 2010 berlangsung di Lap. Utama Al-Amin Putra. Dibuka oleh Septian Pribadi dari grade XI dan Qiro'ah oleh Abror Rosyidin dari grade XI juga. Juga ada sambutan dari Ust. Syamsul Arifin selaku ketua panitia dan Ust. Ali Fahrudin selaku nadhir Madrasah. Setelah itu ada Final Debate Contest yang sekarang menyisakan 2 team, lalu final MQK yang diikuti 3 peserta, dan final English Speech dan Khitobah yang masing2 juga ada 3 peserta. Next, pengumuman pemenang. And The Winner goes to: @ English Speech : 1. Sofiana Puspitasari, 2. M. Aqil Muhsin, 3. Fathoni. @ Khitobah : 1. Syafi'ul Munir, 2. Bahrul Anshori, 3. Lailatin Nurul Fitriyah. @ MQK : 1. Rina Zuliana, 2. Nurul Insani, 3. Misbahul Munir. @ Debate Contest : 1. "Fiqih's Comp" (Kafani Irawan, Syaroful Umam, Arif Furqon), 2. "Girl Power" (Latifah Arianif, Lilik Hidayatullah, Ariesta Winsanda Azmi). Congratz buat yang menang...dan selalu junjung tinggi nama almamater...nasib bangsa ada di tangan kalian..!!

0 komentar: