Pages

Rabu, 25 Agustus 2010

Lensa Ramadhan 1431 H

Diskusi dan belajar

Ngaji kitab kuning..

Marhaban ya Ramadhan, sehubungan dengan datangnya bulan suci ramadhan, kegiatan di Pesantren Al-Amin dikembalikan ketika musim ramadhan tiba. Yaitu fokus ke pembelajaran literatur klasik alias kitab kuning. Setelah makan sahur, seluruh santri dianjurkan untuk beri'tikaf di Masjid Al-Amin sembari menunggu waktu shubuh tiba. Shalat shubuh diimami oleh Drs. K.H. Mas'ud Yunus, ketua BPPSA yang sekaligus Wawali Kota Mojokerto. Setelah shalat jamaah shubuh, diteruskan dengan pembacaan wirid, istighosah, yaasin fadhilah, dan pengajian umum (kitab Muhtaarul Ahaadits) serta ditutup dengan shalat dhuha berjamaah. Kegiatan setiap pagi ini juga diikuti masyarakat umum sekitar pesantren, seperti warga Desa Daleman dan Perum Japan Raya. Setelah itu, seluruh santri berangkat ke madrasah pukul 07.20-11.00.

Sehabis shalat dhuhur, santri memiliki waktu bebas sampai menjelang ashar. Setelah shalat ashar berjamaah, semua santri kelas VII menuju kelas untuk mengikuti materi tulis arab oleh ust. Syaiful Huda atau materi ubudiyah dasar oleh ust. Wajih Kifai, Lc. sedang santri kelas VII-XII menuju masjid untuk mengaji kitab Risalatul Mu'awanah oleh ust. Aang Baihaqi setiap minggu, selasa dan rabu, kitab Qomi'ut Tughyan oleh K.H. Abdul Aziz setiap senin dan kamis, dan Kitab Yaasin Khamami (tafsir yaasin) oleh ust. Jazuli setiap jum'at dan sabtu. Setelah shalat maghrib, seluruh santri melakukan murottal Al-Qur'an hingga menjelang isya'.

Setelah shalat isya' dan tarawih berjama'ah, seluruh santri kelas IX-XII mengikuti pengajian kitab kuning 'Ta'lim Muta'alim' yang diasuh K.H. Muthoharun Afif, Lc. Sedang santri kelas VII menuju kelas untuk mengikuti kegiatan kebahasaan (arab-inggris) oleh tutor bahasa. Sedang santri kelas VIII ngaji kitab Safinatun Naja oleh ust. Hanafi atau materi Qowaidus Shorof oleh ust. Ali Fahrudin. Setelah itu, seluruh santri kembali ke kamar masing-masing untuk belajar atau melanjutkan aktifitas lainnya.

0 komentar: